Membangun Potensi Wilayah dengan Teknologi

Kemajuan teknologi seperti sekarang ini hampir tidak terbendung, banyak pengembangan yang dilakukan oleh para pegiat teknologi dari seluruh penjuru dunia. Di Indonesia pun tidak bisa dipungkiri, para praktisi Teknologi begitu giatnya dengan berbagai terobosan dengan daya cipta startup yang begitu banyak jumlahnya, dalam berbagai bidang tentunya.

Nah pertanyaannya, bagaimana dengan kondisi daerah kita masing masing?

Dalam tulisan ini, saya hanya akan mencoba mengurai kajian potensi wilayah berbasis teknologi. Sebab pengelolaan sumber data yang masih bertumpu pada sumber daya manusia maka yang terjadi Human Error pada hasil data yang diharapkan, semakin banyak orang yang dilibatkan maka peluang Human Errornya juga semakin besar.

Untuk menghindari hal tersebut, kajian potensi dan analisisnya bisa dengan berbantukan teknologi yang penulis tawarkan adalah dengan berbasis Internet of Things. Dengan daya cipta buatan atau Artifisial Intelegen (AI) atau biasa disebut Cipta Kecerdasan buatan, maka beberapa spesifikasi objek kajian bisa kita implementasikan dengan teknologi ini.

Salah satu contoh, andaikan kita ingin melakukan analisis wilayah bidang pertanian tentu kita membutuhkan teknologi yang mampu menghitung debet air, tingkat kelembaban, suhu, volume curah hujan dan banyak lagi seperti tingkat azam basa tanah, kandungan mineral dan lain sebagainya. Dengan IoT angka demi angka akan tercipta di fase waktu yang ditentukan, disinilah kita akan membuka peluang untuk dapat menganalisis rentetang angka angka tersebut.

Begitu pula dengan sosial Ekonomi, Sarana dan Prasarana bahkan sampai analisis hubungan antara luas lahan, angka pengangguran dan angka perceraian yang kemudian akan melahirkan sebuah peluang usaha yang lebih menghasilkan didalamnya.

Analisis lokasi wisata juga dapat dilakukan dengan IoT, memadukan mulai dari analisis sumber daya lokal, potensi religius, potensi budaya sampai ke data peta lokasi dengab sumber dan jenis transportasinya.

Saat kita menggunakan IoT lalu kemudian kita bisa menciptakan kecerdasan buatannya didalamnya maka akan berarti kita telah membangun data yang besar, data yang berlimpah dan data yang akurat

Bang Mihram

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Chat WA