Plan Aksi sebagai RJI Sulbar

Bang Mihram. Berjuang untuk Banyak Perubahan, nampaknya ini kata pertama yang harus saya tuliskan, mengapa, sebab dalam mendedikasikan diri dalam melakukan perubahan bukan lagi hal yang baru, bahkan sejak saya memahami akan pentingnya saling berbagi, pentingnya keluar dari zona nyaman dan pentingnya bekerja diluar kebiasaan, selalu menjadi motivasi diri ….

Sama juga dengan hari ini, 4 Januari 2020 bertempat di Pantai Baluno Sendana, yang keren lokasinya biasa disebut Mangrove Learning Center, kembali lagi dipertemukan dengan orang-orang hebat, orang-orang yang luar biasa, mencoba berkumpul untuk menyatukan persepsi, visi, misi dan menuai berbagai gagasan.

Kali ini jejak saya lain dari yang lain, selama ini bergerak sebagai Relawan TIK Indonesia, atau bergerak sebagai Google Educator Groups (GEG Sulawesi Barat), namun kesempatan ini, mencoba memadukan semua energi baik di Relawan TIK maupun sebagai GEG Sulbar dalam wadah yang juga berskala Nasional.

Wadah ini bernama Relawan Jurnal Indonesia atau RJI, tapi lingkup kerjanya hanya Sulawesi Barat. APa itu RJI, atau apa itu Relawan Jurnal Indonesia.

Saya kutip dari laman resmi RJI di http://relawanjurnal.id Relawan Jurnal Indonesia (RJI) hadir atas inisiatif pengelola jurnal di Yogyakarta dan di daerah-daerah lainnya seperti, Bandung, Makasar, Sumatera Selatan, dan Jawa Timur serta daerah-daerah lainnya. RJI adalah gerakan kerelawanan yang dengan sukarela memberikan sumbangsih pemikiran dan tenaga terkait pengelolaan jurnal elektronik kepada pengelola jurnal lain di perguruan tinggi, badan penelitian dan lainnya di seluruh Indonesia tanpa membeda-bedakan dan tanpa mengkotak-kotakkan.

Mengapa kami membentuk Relawan Jurnal Indonesia (RJI)? Alasan penting terkait hal ini adalah saat pemerintah telah menerapkan kebijakan mulai April 2016 dan seterusnya akreditasi jurnal dilakukan secara online melalui sistem ARJUNA, sementara itu menurut pengamatan kami masih banyak pengelola jurnal yang belum familiar terhadap pengelolaan jurnal elektronik. Padahal kebijakan ini perlu respon dan semangat dari perguruan tinggi dan pengelola jurnal untuk segera bertransformasi pengelolaan jurnalnya dari yang dikelola secara manual/ cetak menuju pengelolaan jurnal secara elektronik.

Visi/ Semangat Relawan Jurnal Indonesia (RJI) adalah Membantu pengelola jurnal mewujudkan pengelolaan jurnal secara elektronik yang berkualitas dan bereputasi di kancah Nasional.

Slogannya Asyik

Berbagi, Giatkan Publikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Chat WA