Kerjasama Koperasi Tani MAMa Matakali

Kesan yang pertama muncul saat ikut serta diundang dalam Rapat Anggaran Tahunan (RAT) Koperasi Tani Mitra Agrobisnis Mandiri (KopTanMAMa) adalah saat membaca tema yang mereka usung “Membangun Sistem Kebersamaan Ekonomi Melalui Pengembangan Industri Pedesaan 4.0”.

Dalam benak ini cerdas, ini luar biasa, ini yang daerah kita butuhkan. Niat mereka begitu sangat tulus yang menunjukkan pemikiran yang mampu mengikuti perkembangan zaman, dimana teknologi benar-benar telah merambah setiap sendi-sendi kehidupan kita.

Abdul Rauf, selaku Direktur KomTan MAMa sangat menginginkan, petani kita sudah menjadi petani yang smart, petani yang mampu menggunakan teknologi dalam menunjang produksi pertanian yang lebih berkualitas.

Didamping Bapak Ir. Parmansyah, beliau berdua mengemukakan berbagai gagasannya, mereka ingin ada percontohan Pertanian , Peternakan yang disentuh dengan Teknologi.

Akhirnya dalam diskusi yang panjang, kami sepakati kita akan mencoba melakukan pengembangan teknologi pertanian dan peternakan berbasis Internet of Things (IoT), sehingga target pengumpulan data cakupannya lebih up to date, yang akan lebih memudahkan dalam analisis. Untuk pengerjaan yang masih membutuhkan tenaga manusia, seperti penyiraman dan lain sebagainya kita akan coba dengan sistem kontrol kelembaban tanah, suhu, dengan pola penyiraman automatisasi sistem berbasis Android dan penanggulangan hama seperti Babi, Tikus Kelelawar dan lain-lain, semua menggunakan teknologi IoT tersebut.

Semoga apa yang mereka niatkan untuk daerah ini bisa terwujud sebagaimana yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Chat WA